Solid Gold Berjangka ~ Jokowi Pimpin Komite Nasional Keuangan Syariah

Solid Gold Berjangka ~ Jokowi Pimpin Komite Nasional Keuangan Syariah

capture

Solid Gold Berjangka ~ Pemerintah tidak main-main dalam mengembangkan industri keuangan syariah di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari aksi turun gunung yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin langsung Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Komite yang dibentuk Jokowi pada 3 November 2016 lalu melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 Tahun 2016 bakal bertugas mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan keuangan syariah dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Selain Jokowi yang akan menjalankan tugas sebagai Ketua, ia juga mengajak Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai Wakil Ketua KNKS.

Sementara, posisi Dewan Pengarah akan diisi oleh 10 orang yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian; Menteri PPN/Kepala Bappenas; Menteri Keuangan; Menteri Agama; Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN); 6. Menteri Koperasi dan UKM; Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan; Gubernur Bank Indonesia; Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan; dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia.

Dengan dibantu Dewan Pengarah, Jokowi dan JK sendiri akan menjalankan fungsi memberi rekomendasi arah kebijakan dan program strategis pembangunan nasional di sektor keuangan syariah; mengkoordinasi penyusunan dan pelaksanaan rencana arah kebijakan dan program strategis di sektor keuangan syariah; merumuskan dan merekomendasikan penyelesaian masalah di sektor keuangan syariah; dan memantau sekaligus mengevaluasi pelaksanaan kebijakan dan program strategis di sektor keuangan syariah.

Sementara dalam operasionalnya sehari-hari, Jokowi akan mendelegasikan sejumlah tugas kepada Manajemen Eksekutif KNKS yang terdiri atas Direktur Eksekutif, Sekretariat, dan Unit Kerja.

“Manajemen Eksekutif dipimpin oleh seorang Direktur Eksekutif yang bertanggung jawab kepada Dewan Pengarah,” ujar Jokowi dalam Perpres tersebut. (Solid Gold Berjangka)

 

BACA JUGA

Solid Gold Berjangka ~ Menhir Purbakala dari 2000 SM Ditemukan di Gunung Kidul

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.