Soli Berjangka | OJK percepat finalisasi payung hukum fintech

OJK percepat finalisasi payung hukum fintech – Soli Berjangka

Solid Berjangka Semarang ~ Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute, Sukarela Batunanggar mengungkapkan, OJK akan mempercepat finalisasi kebijakan di lembaga jasa keuangan antara lain guiding principles bagi penyelenggara layanan keuangan digital (fintech).

“Regulasinya jadi kita usahakan secepatnya. Lagi tahap finalisasi kita sudah juga mendapatkan masukan dari internal dan juga industri,” kata dia pada saat acara Fintech Outlook Kompetisi Bank Vs Nonbank di Jakarta, Selasa, (10/4).

Dia menambahkan, sejauh ini banyak industri fintech secara menyeluruh telah mendukung terhadap regulasi baru ini. Sehingga, ke depan tinggal bagaimana caranya semua industri tersebut akan mendaftarkan diri ke OJK.

“Setelah mendaftar nanti kita akan seleksi yang mana nanti akan masuk di dalam regulatory sandbox tadi kita akan uji setelah itu nanti akan ada tahapan pendaftaran didaftarkan ke OJK,” imbuhnya.

Nantinya, aturan ini akan mencakup mekanisme pendaftaran dan perizinan serta penerapan regulatory sandbox untuk melakukan uji coba terbatas pada produk, layanan, teknologi, dan atau model bisnis penyelenggara fintech.

Dia menjelaskan, aturan regulatory sandbox ini bersifat umum. Artinya tidak akan mengatur secara rinci untuk masing-masing industri. “Jadi artinya kita akan mengatur pokok atau prinsip terkait inovasi keuangan digital ke depan,” ujarnya.

Dengan adanya regulasi ini diharapkan dapat mendorong inovasi keuangan digital. Mengingat, akses keuangan digital di masyarakat masih terbilang rendah. “Dengan regulasi ini pertama tentunya akan mendorong bagaimana kita menciptakan ekosistem fintech yang lebih baik. ke depan jadi mendorong inovasinya,” tandasnya. [azz]

 

 

Solid Berjangka

baca juga
————————————————————————————–
PT Solidgold Berjangka Glosarium
Solidgold Berjangka Loco London Gold
PT Solidberjangka Transaksi Sistem Online
Solidberjangka Transaksi Online Snapshot
Solidgold Peraturan Transaksi Online
————————————————————————————–

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.