Solid Gold Berjangka ~ ‘Hiu Hantu’ Tertangkap Kamera Pertama kali

Solid Gold Berjangka ~ ‘Hiu Hantu’ Tertangkap Kamera Pertama kali

capture

Solid Gold Berjangka ~ Lautan kerap menjadi lingkungan yang penuh misteri, seperti bentuk ikan satu ini. Seperti yang ada di buku Michael Crichton, bentuk hidungnya seperti Chimaera ‘biru’ yang juga dikenal dengan julukan ‘Hiu Hantu’.

Untuk pertama kalinya, ‘hiu hantu’ itu tertangkap video secara tidak sengaja. Para peneliti dari Institute Penelitian Monterey Bay Aquarium, kembali mengungkapkan keberhasilannya mengambil gambar spesies unik ini di kedalaman 2.042 meter di bawah laut antara Kalifornia Selatan, Kalifornia pusat dan pulai Hawaii pada 2009.

Makalah tentang ‘hiu hantu’ dengan tajuk ‘Marine Biodiversity Records’ dirilis pada Oktober lalu. Tapi untuk videonya baru dirilis beberapa waktu lalu.

Lembaga penelitia ini tidak berfokus pada pencarian hewan langka, namun hiu berhidung mancung itu tertangkap kamera di enam laut terpisah, saat melakukan penelitian di laut dalam.

Tidak hanya chimaera berhidung mancung direkam kali pertama, lembaga penelitian tersebut melaporkan, temuan ini ‘membantah’ para ahli sebelumnya yang memiliki pandangan berbeda, dimana makhluk unik ini tidak ada di Northern Hemisphere.

“Hydrolagus cf. trolli yang diketahui hanya ada Laut Pasifik selatan Australia, New Zealand dan New Caledonia,” laporan lembaga tersebut.

Hydrolagus trolli memiliki nama lain Ray Troll, dikenal dengan bentuknya yang unik di antara hewan laut lainnya. Kata “cf” artinya hewan ini masuk kategori Hydrolagus trolli, tetapi belum dikonfirmasikan. Kecuali jika suatu hari nanti tertangkap dan berhasil di bawa ke daratan.

Berdasarkan laporan National Geographics, spesies ‘hiu hantu’ ini lebih tua dibandingkan dinosaurus. Makhluk ini seperti spesies di dunia fiksi, ditunjang dari matanya seperti mata makhluk yang tidak bernyawa. [Solid Gold Berjangka]

 

BACA JUGA

Solid Gold Berjangka ~ Hindari melakukan 6 hal ini ketika bangun tidur

 

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.